Sabtu, 12 Desember 2020

Macam - macam Nilai (value) dalam akuntansi

Nilai dalam akuntansi
Nilai 

Nilai (Value) adalah nilai moneter, material, ataupun nilai aset, barang, atau jasa. Dalam berbagai konsep "Nilai" melekat pada nilai perusahaan (value of a firm), nilai pemegang saham (shareholder value), nilai wajar (fair value), dan nilai pasar (market value). Dengan membandingkan nilai dan penilaian dari suatu perusahaan dengan perusahaan lain dapat membantu untuk menentukan peluang investasi.


Nilai juga dapat diartikan sebagai kuantitas atau angka, tetapi dalam keuangan, nilai seringkali digunakan untuk menentukan nilai suatu aset, perusahaan, dan kinerja keuangan perusahaan. Investor, analis saham, dan eksekutif perusahaan memperkirakan dan meramal nilai perusahaan berdasarkan metriks keuangan. Karena, perusahaan dapat dinilai berdasarkan berapa banyak keuntungan yang dihasilkan per saham.


Penilaian adalah proses penghitungan dan pemberian nilai pada asset atau perusahaan. Namun, istilah ini (penilaian) juga biasa digunakan untuk menetapkan nilai wajar (fair value) harga saham perusahaan. Penilaian biasanya dilakukan oleh Analis ekuitas pada bank investasi yang melakukan perhitungan penilaian bagi perusahaan guna menentukan apakah nilainya wajar, undervalued (nilai dibawah harga wajar), atau overvalued (nilai diatas harga wajar) berdasarkan kinerja keuangan yang ada kaitannya dengan harga saham saat ini.


Contohnya, jika nilai perusahaan diperkirakan $ 40 per saham, tetapi saham di pasar saham diperdagangkan dengan harga $ 30 per saham, sehingga investor dapat mempertimbangkan untuk membeli saham tersebut. Namun, apabila saham diperdagangkan dengan harga $ 75 per saham, jauh di atas nilai ekspektasi, investor dapat lebih mempertimbangkan untuk menjual saham (selling stock) atau menjual saham dengan harapan membeli saham kembali (sorting stock).


Nilai pasar  (Market Value)

Nilai pasar adalah nilai perusahaan yang mewakili nilai menurut pelaku pasar (penjual dan pembeli) di pasar saham. Nilai pasar biasanya identik dengan istilah kapitalisasi pasar dalam menilai saham. Kapitalisasi pasar adalah laba atau laba bersih perusahaan yang dibagi dengan jumlah saham yang beredar.


Nilai buku (Book Value)

Nilai buku adalah nilai perusahaan menurut laporan keuangan atau pembukuan akuntansi perusahaan. Nilai buku mewakili jumlah keseluruhan uang yang tersisa apabila perusahaan melikuidasi atau menjual semua asetnya dan melunasi semua hutang / kewajiban keuangannya.


Nilai Saham (Value Stock)

Nilai saham adalah nilai saham perusahaan yang diperdagangkan dengan harga yang lebih rendah jika dengan pertimbangan kinerja keuangan dan fundamentalnya yang mencakup kinerja laba atau laba, dividen, pembayaran tunai ke pemegang saham, dan pendapatan penjualan. Investor yang mencari perusahaan dengan pengelolaan baik dan perdagangan dengan harga diskon disebut nilai investor.


Nilai Perusahaan (Enterprise Value)

Nilai perusahaan adalah nilai keseluruhan perusahaan, meliputi kas dalam neraca, hutang jangka pendek dan jangka panjang sebagai kapitalisasi pasar perusahaan. Nilai perusahaan adalah nilai yang menunjukkan seberapa baik manajemen modal yang dibiayai oleh hutang dan menerbitkan saham ekuitas.


Nilai Lainnya

Nilai tambah (Value added) adalah peningkatan kualitas produk atau layanan perusahaan, seperti fitur atau manfaat tambahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai produk atau jasa yang ditawarkan. Proposisi nilai (Value proposition) adalah perwakilan atas janji perusahaan kepada pelanggan bahwa mereka akan mengirimkan produk atau layanan sebagai hasil bisnis mereka. Nilai aset bersih (Net asset value) merupakan investasi atau nilai bersih perusahaan, dengan mengurangkan jumlah aset dengan jumlah keseluruhan kewajiban. Nilai aset bersih biasanya digunakan dengan kumpulan dana investasi sekuritas, seperti reksa dana.

Add Comments


EmoticonEmoticon