Sabtu, 28 November 2020

Manajemen Marketing Pendahuluan

Bagaimana pemahaman mengenai Manajemen Marketing? Akan kita bahas dalam artikel ini.

Setiap orng ingin usahnya laku, bisnisnya lancar dan menghasilkan keuntngan, nah untuk sampai ititik itu pertlu yang namanya strategi. bagaimana itu ? simple, yaitu dengan membuat bisnis kita berjalan secara efektif dan efisien. Nah untuk sampai dititik itu dibutuhkan yang namanya manajemen marketing. ini akan menuntun arah bisnis menjadi lebih efktif dan efisien.
Manajemen Marketing
APA ITU MARKETING ?

Secara garis besar Marketing adalah proses secara sosial dan managerial dimana perseorangan atau organisasi mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan suatu nilai dan menukarkanya.
Namun lebih mudah apabila dikatakan bahwa marketing adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai untuk customer dan membangun hubungan yang kuat dengan customer agar customer bersedia menukarkanya dengan nilai yang ia dimiliki.
 
PROSES MARKETING
Ada lima tahapan dalam proses marketing, tahapan – tahapannya adalah :

Memahami (Undestanding)
merupakan kebutuhan pasar dan keinginan pelanggan. Dalam proses memahami ini sendiri terdapat 5 point inti yang menjadi dasar proses ini yakni,

  1. Kebutuhan (needs), Keinginan (wants), dan Permintaan. Kebutuhan adalah keadaan kekurangan atas kebutuhan fisik dasar. Keinginan adalah kebutuhan yang terbentuk dari budaya dan kultur atau individual. Sedangkan permintaan merupakan keinginan yang diakibatkan oleh kemampuan untuk membeli.
  2. Penawaran, dimana adalah gabungan dari produk (product), servis (service), dan informasi (information).
  3. Nilai dan kepuasan pelanggan, dimana memegang peranan yang cukup penting. Yaitu memberikan nilai terbaik untuk pelanggan agar terciptanya kepuasan, penting karena pengalaman pelanggan akan menentukanya mengarah pada pembelian kembali (repeat order) atau bahkan menyarankan kepada calon pelanggan baru.
  4. Pertukaran (Exchange), Transaksi (Transaction), dan Hubungan (Relationship). Mendapatkan sesuatu dari pertukaran dengan pelanggan dengan menawarkan sesuatu sebagai balasanya, tak lupa serta membangun hubungan dengan menambahkan nilai dan kepuasan.
  5. Pasar dimana terdapat pelanggan yang jelas.

Desain (Design)
Yaitu konsep marketing yang disesuaikan setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar. Secara basis dibagi menjadi dua yakni, memilih pelanggan (Selecting customer) dan Memutuskan bagaimana akan melayani seorang pelanggan (Deciding how to serve that customer).

Taktik
Yaitu integrasi program marketing dengan nilai utama yang akan diberikan kepada para  pelanggan.

Membangun (Build)
Yaitu membangun minat pelanggan dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan.

Capture
Nilai yang telah diapat digunakan untuk memperoleh keuntungan dan program demi kepuasan pelanggan.
 
Sampai sini adalah dasar dari pengertian Menejemen marketing dan prosesnya. apakah proses marketing hanya berlangsung sampai disini ? tentu tidak.
 
Pada kesempatan selanjutnya kita akan membahas lebih dalam tentang manajemen marketing, yaitu bagaimana mendesain strategi marketing secara customer-driven.

Add Comments


EmoticonEmoticon