Senin, 30 November 2020

Strategi Manajemen Marketing dan Penjelasan

Sebelum lebih jauh mimin mau memberikan tambahan penjelasan terlebih dahulu berkenaan Marketing Myopia / Miopia Pemasaran, karena istilah ini mulai ramai digunakan.



MARKETING MYOPIA

Marketing Myopia adalah bias yang ditimbulkan akibat sempitnya pemahaman dan pola pikir perusahaan dalam marketing, lebih memfokuskan terhadap produk ketimbang customer atau pergolakan pasar yang terjadi. Imbasnya akan berujung kegagalan karna tidak dapat beradaptasi dengan perubahan permintaan pasar.

Setelah mengetahui marketing process adalah dengan merencanakan strategy maketing, nah disini ada yang namanya customer driven marketing strategy, atau marketing yang fokus terhadap kepuasan pelanggan.

CUSTOMER DRIVEN MARKETING STRATEGY

Customer Driven Marketing Strategy salah satu strategi markting yang populer digunakan oleh perusaaah top untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Adalah strategi yang memfokuskan pada suatu customer spesifik lalu mempertemukan kebutuhan mereka secara spesifik dan mengukur hasil tingkat kepuasan mereka untuk diolah kembali menjadi pelayanan yang lebih baik.

Strategi ini sangat cocok untuk membangun loyalitas pelanggan, karena pemfokusanya terhadap kepuasan dan pasar yang spesifik memudahkan perusahaan meningkatkan kualitasnya secara terarah sesuai permintaan pasar.

Berikut adalah tahapan tahapan menjalankan strategi customer driven dengan benar
  1. Menganalisa pasar yang spesifik atau niche sedetail mungkin
  2. Atur Product Devlopment Strategy sesuai dengan feedback yang diberikan oleh pasar
  3. Investasikan peningkatan pelayanan pelanggan atau customer service
  4. Ketahui siapa dan bangun hubungan dengan mereka pelanggan yang telah menggunakan jasa atau produk kita (mereka bisa membantu dalam proses marketing).

Setelah mengetahui strategy terbaik untuk memulai markting, selanjutnya yang perlu di catat adalah Marketing Management Orientation.

MARKETING MANAGEMENT ORIENTATION 

Selamjutnya kita membahas Manajemen Orientassi Pemasaran yang adalah filosofi penggerak sistem pemasaran yang terus berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. sampai saat ini sudah ada 5 filosofi penggerak sistem pemasaran. berikut adalah daftarnya

  1. Production concept, adalah filosofi pemasaran paling terdahulu, pemikiran ini menekankan banyaknya variasi barang yang tersedia dan dengan biaya yang murah. impact-nya dalam pelaksanaan, menejer fokus pada ke-efektif dan efisienan produksi barang, yaitu produksi masal dan Low-Cost. 
  2. Product concept, dimana fokus pemikiran pemasaran ini berfokus pada produk yang paling unggul, dimana menejer brfokus terus memperbaiki kualitas produk. Konsep ini memiliki kekurangan yaitu dapat timbulnya bias lebih mementingkan peningkatan kualitas produk tanpa melihat kebutuhan pasar, dengan asumsi produk yang terbaik akan selalu diterima masyarakat, di lain pihak dinamika pasar tidak menjamin produk tersebut selalu menjadi kebutuhan.
  3. Selling Concept, yaitu pemikiran bahwa penjualan tidak akan sukses kalau perusahaan tidak melakukan pengiklanan secara masive, banyak perusahaan melakukan ini apabila sedang kelebihan produk untuk dijual
  4. Marketing Concept, merukan konsep yang cukup familiar dan akar dari pemasaran modern, adalah pemikiran untuk mencapai kesuksesan perusahaan perlu namanya ke efektifan maksimal alam pembuatan, pemberian dan peng-komunikasian produk atau jasa ke suatu pelanggan terspesifikasikan. pemikiran ini didasarkan pada 4 pilar yaitu target market, kebutuhan pelanggan, pemasaran ter-integrasi, dan keuntungan
  5. The Societal Marketing Concept, adalah pemikiran pemasaran terkini yang hadir karena  tanggung jawab kesadaraan lingkungan, pemikiran ini berfokus pada tanggung jawab sosial dan mengacu pada kesejahteraan jangka panjang masyarakat
 
Sampai disini sudah paham kan teman-teman, bagaimana  ? cukup panjang ya pembahasan Marketing ini. sampai sini bukan berarti pembahasan marketing ini berakhir teman teman, masih ada banya step selanjutnya untuk dipelajari an akan dibahas di postingan berbeda.

Bila teman-teman ada pertanyaan atau masukan boleh banget disampaikan di kolom komentar ya, semangat ekonomi cumlaude teman teman !

Add Comments


EmoticonEmoticon